Home » » Industri Kulit dari Masa ke Masa

Industri Kulit dari Masa ke Masa

Written By Unknown on Kamis, 26 Desember 2013 | 22.20


Teknologi pengolahan kulit sebenarnya adalah teknologi yang telah ada sejak zaman prasejarah jauh sebelum sistim tenun kapas maupun serat alam lainnya ditemukan.  Manusia purba telah memanfaatkan kulit binatang hasil buruannya untuk melidungi tubuh mereka dari kedinginan dan kepanasan. Mereka berusaha berfikir untuk mencari cara agar kulit biatang yang mereka pakai tidak mudah busuk saat terkena air dan kaku saat terkena panas.
Para ahli memperkirakan teknologi penyamakan kulit terlahir dengan cara kebetulan. Mereka mencampur lemak hewan di kulit dan ternyata hasilnya kulit menjadi awet. Begitu juga kulit yang secara kebetulan terkena getah dari tumbuhan tertentu yang mengandung zat tannin membuat kulit menjadi lebih tahan lama. Maka samak nabati dan samak minyak diyakini merupakan teknologi penyamakan kuno yang masih dipakai sampai sekarang. Kombinasi dari keduanya menghasilkan kulit yang lebih awet dan lebih lentur sehingga nyaman saat dikenakan.
Sudah kodrat manusia yang tak pernah merasa puas dan tak mengenal kata lelah untuk terus berinovasi. Mereka selalu ingin mengatasi kekuragan dari tekologi yang sudah ada. Begitu pula dengan teknologi penyamakan kulit, manusia telah menemukan lagi cara baru yaitu dengan menggunakan zat penyamak mineral. Zat penyamak mineral yang sering digunakan adalah Chrom, Aluminium, dan Zirkonium. Keunggulan dari sat penyamak mineral adalah kulit menjadi lebih tahan panas, lebih lentur dan lebih alot. Selain itu, kulit juga bisa disamak dengan menggunakan senyawa kimia jenis Aldehida. Zat penyamak yang sering digunakan dari golongan Aldehida adalah Formaldehida dan Glutaraldehida. Sifat zat penyamak ini adalah kulit menjadi lebih mulur dan berwarna white shine.
Teknologi penyamakan kulit saat ini sudah sangat maju dengan bahan penyamak yang sangat beragam dan alat yang sudah sangat canggih. Kita bisa membentuk kulit sesuai dengan kemuluran, pegangan dan warna yang kita inginkan. Kulit telah menjadi bagian penting dalam industri fashion dunia. Para desainer ternama dan rumah mode dengan brand yang bonavide telah menjadikan kulit sebagai komponen utama dalam produk mereka. Selain itu, industri kulit juga berperan penting dalam berbagai bidang industri lainnya seperti industri otomotive, furniture, industri pertahanan, dll. Sehingga tidaklah mengherankan kalo perputaran uang di industri ini bernilai jutaan dollar per tahunnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Find us on faceebook
https://www.facebook.com/ProdukKulitAsli

Random Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Template Information